PCNU Banjarnegara Lepas Puluhan Santri Lirboyo Asal Banjarnegara Kembali ke Pesantren

Suasana Pelepasan Santri Lirboyo Asal Banjarnegara di Gedung Aswaja NU Center Banjarnegara| Doc. FOTO ISTIMEWA

 

Banjarnegara, Pelajarnu-bara.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjarnegara bersama Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara serta Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Banjarnegara melepas dan memfasilitasi pemberangkatan para santriwan dan santriwati asal Banjarnegara yang akan kembali menimba ilmu di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Pelepasan dan pemberangkatan tersebut dilakukan di Gedung Aswaja NU Centre Banjarnegara. Para santri dibekali bingkisan makanan ringan, masker, hand sanitizer serta vitamin C. Pemberangkatan 55 santri putra dan putri Lirboyo ini dengan menggunakan 1 armada bus, Minggu (23/5).

KH. Zahid Chasani selaku Ketua PCNU Kabupaten Banjarnegara mengatakan bahwa PCNU siap membantu terkait kelancaran bagi para kader-kader muda NU dalam rangka tolabul ‘ilmi atau menuntut ilmu. Beliau juga mengucapkan terima kasih karena PCNU diberi amanah untuk dapat memfasilitasi pelepasan dan pemberangkatan para santri ini.

“Semoga ini bisa menjadi bagian dari fasilitas NU melayani masyarakat Banjarnegara,” pungkasnya mengakhiri sambutan.

Turut hadir beliau H. Sumarna yang mewakili Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Beliau menyampaikan pesan dari Kepala Kementerian Agama  yang berhalangan hadir. Para santri diingatkan tentang pandemi covid yang belum usai.

“Alhamdulillah santriwan dan santriwati yang ada di Banjarnegara ini belum pernah ada yang terkonfirmasi positif covid. Ini merupakan pertolongan dari Allah karena salah satu upayanya yaitu Kerjasama posko covid NU Banjarnegara beserta segenap elemen masyarakat,”

Diharapkan para santri untuk tetap waspada, tetapi juga harus tenang dan tidak boleh panik. “Karena kepanikan adalah setengah dari penyakit, dan tenang adalah separuh dari obat dalam menghadapi persoalan, termasuk pandemic covid 19,” ucap beliau mengutip istilah dari seorang Pakar Kedokteran Islam, Ibnu Sina.

Turut hadir dalam pelepasan ini para wali santri yang mengantarkan putra-putrinya untuk kembali menimba ilmu di pondok pesantren. Para santriwan dan santriwati itu berangkat dari Gedung Aswaja NU Centre Banjarnegara menuju Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur sekitar pukul 20.30 WIB.

Penulis: Sholehah 
Editor: Zulfikar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *